Cara merawat Kulit berdasarkan Jenisnya

Cara merawat kesehatan kulit berbeda-beda, berdasarkan jenisnya. Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang senantiasa meregenerasi, tanpa perlu campur tangan seseorang. Walaupun begitu, perawatan tetap dibutuhkan, khususnya untuk menjaga agar kulit tetaplah bersinar dan tetap elastis. Di sini akan dibagi beberapa tips mengenai bagaimana cara merawat kulit dengan benar dan baik, sehingga kulit Anda pun dapat tampil lebih sehat. Itu termasuk cara merawat kulit wajah hingga kulit kering, dan juga kulit sensitif, dan tentunya dengan cara yang alami. Sebelum masuk pembahasan lebih jauh, Anda harus mengerti beberapa jenis kulit yang dimiliki manusia, dan termasuk jenis kulit manakah yang Anda miliki.

Cara merawat Kulit berdasarkan Jenisnya

Jenis-jenis kulit dan perawatannya


Jenis kulit dibagi menjadi 4, yakni:

1.Kulit kering
Apabila kulit Anda lebih cenderung ke dehidrasi, berjerawat, dan kekurangan minyak, maka itu tanda bahwa jenis kulit Anda adalah kulit kering. Untuk beberapa kasus yang sifatnya lebih ekstrim, maka kulit kering itu hampir tak mempunyai elastisitas, serta dapat benar-benar sensitif, khususnya kepada angin, suhu dingin, dan cahaya matahari. Ruangan ber AC kurang cocok bagi orang dengan jenis kulit kering, karena kulit dapat menjadi semakin kering. Tips bagi orang dengan jenis kulit yang satu ini yakni jangan lupa untuk mencuci wajah beberapa kali dalam satu hari, pakai pembersih wajah yang sifatnya lembut, gunakan air hangat juga.

Pengobatan kulit kering, bilas menggunakan air hangat, kemudian tepuk kulit Anda. Untuk membantu, Anda juga dapat menggunakan toner. Namun ingat untuk hindari memakai produk toner dan make up yang menggunakan kandungan alkohol, sebab produk dengan basis alkohol itu mempunyai efek pengeringan ke kulit. Anda tentu tak ingin itu terjadi. Pakai cream lotion supaya kulit menjadi lebih lembab, juga untuk meremajakan kulit.

2.Kulit normal
Perubahan pada kulit normal biasanya disebabkan oleh pengaruh musim. Tetapi Anda jangan menganggap jika kulit normal itu sama dengan kulit kombinasi, ini adalah kedua jenis kulit yang sama sekali berbeda. Kulit normal biasanya akan kering ketika musim dingin, sementara ketika musim panas akan menjadi berminyak.

Pengobatan kulit normal, gunakan pembersih wajah untuk jenis kulit normal ketika mencuci wajah Anda. Juga usapkan alkohol, plus hydrating toner pada keseluruhan wajah. Untuk bagian kulit yang terasa kering, gunakan pelembab.

3.Kulit berminyak
Apabila kulit Anda termasuk jenis kulit berminyak, maka kulit Anda rentan pada serangan jerawat, juga komedo, berbeda dibandingkan dengan jenis kulit yang lain.

Pengobatan kulit berminyak, yaitu dengan dua kali mencuci wajah dalam satu hari. Gunakan air hangat. Selain itu untuk toner, gunakan yang bebas dari bahan alkohol, plus gunakan hydrating supaya bisa membantu dalam menghilangkan residu tambahan. Walaupun memiliki jenis kulit berminyak, namun Anda tetap sebaiknya melembabkan kulit menggunakan pelembab ringan tiap-tiap harinya, jika tidak, kulit Anda dapat menjadi kering, overcompensate, memproduksi minyak lebih banyak.

4.Kulit kombinasi
Pada satu wajah, terkadang ada orang dengan jenis kulit kombinasi. Jadi misalkan saja pada 1 sisi wajah, dipenuhi jerawat, sementara sisi wajah yang lainnya tidak. Walaupun itu masih di dalam area yang sama.

Pengobatan kulit kombinasi sesungguhnya sama seperti yang dibahas sebelumnya. Namun sesuaikan dengan jenis kulitnya, apakah sisi kulit yang hendak Anda obati termasuk adalah jenis kulit kering atau jenis kulit berminyak. Untuk lebih pastinya, Anda dapat konsultasi ke dokter kulit.

Demikianlah tips-tips bagaimana menjaga kesehatan kulit, berdasarkan jenis kulit yang Anda miliki. Selalu rawat kulit Anda dengan baik.


EmoticonEmoticon