Tips Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Tradisional Alami

Cara Menghilangkan Karang Gigi – Karang gigi merupakan salah satu contoh kotoran yang menempel pada bagian-bagian gigi tertentu yang sangat  sulit untuk dibersihkan dan tidak cukup jika hanya dengan menggosok gigi. Pada dasarnya karang gigi timbul diakibatkan dari sisa makanan yang menempel pada gigi sehingga lama kelamaan akan menyebabkan timbulnya kerak yang terus menempel pada gigi. Hal ini dikarenakan saat makan gigi akan menjadi kotor, kotoran ini terus menerus menempel pada gigi yang dapat menyebabkan gigi berkarang bila tidak cepat melakukan tindakan pembersihan. Masalah ini sering terjadi karena malasnya gosok gigi sebelum tidur maupun setelah tidur. Banyak cara untuk membersihkan dan mencegah timbulnya karang pada gigi salah satunya yang paling simple dan mudah dilakukan yaitu rutin mengosok secara teratur. Jika cara yang paling mudah diabaikan dan malasa mengosok gigi maka sisa-sisa makanan yang ada pada gigi akan terus menumpuk dan berkembang menjadik kerak. Oleh karena itu, sikat gigi secara teratur sangatlah penting untuk menghindari adanya karang gigi serta menjaga gigi tetap sehat.

Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Tradisional Alami

Gigi pada dasarnya sangat sensitif dan memiliki banyak celah dimana sisa makanan dapat bersembunyi disela sela gigi. Contohnya  saat Anda memakan makanan ringan seperti kerupuk pastinya ada sisa-sisa makanan yang tertinggal di mulut tanpa Anda ketahui. Biasnya celah yang ada pada gigi sangat sulit dijangkau oleh sikat gigi. Sebagian besar sikat gigi hanya dapat membersihkan pada bagian-bagian gigi depan saja dan tidak dapat menjangkau bagian dalamnya. Yang bisa menjangkau bagian celah terkecil pada gigi dalam hanya air saja. Oleh karena itu, ada banyak jenis obat kumur yang dapat digunakan untuk membersikan bagian celah terkecil didalamnya secara ampuh pada gigi. Kenyataannya memang demikian, secara zat air lebih mudah menjangkau sela-sela pada gigi dan membersihkan sisa makanan yang masih menempel. 

Penyebab Timbulnya Karang Pada Gigi


Sebelum membahas lebih dalam Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami, sebaiknya Anda perlu tahu penyebab dan terjadinya karang gigi yaitu antara lain:
  • Malas dan tidak rutin menggosok gigi saat sebelum tidur maupun sesudah tidur. Selain malas, kurang bersih saat memgosok gigi, sehingga masih meninggalkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi terutapa gigi bagian dalam.
  • Seringnya memakan makanan yang manis. Jika Anda menyukai makanan manis sangat berisiko besar menimbulkan plak dan karang gigi. Makanan seperti kue yang mudah lengket pada gigi. Sebaiknya kurangi mengkonsumsi makanana jenis ini.
  • Tidak rajin berkumur, sepertinya hal sepele tapi cara ini sangat efektif untuk menghilangkan sisa makanan pada gigi. Biasakan berkumur sesudah makan.
  • Merokok salah satu resiko menyebakan karang gigi dan gigi menjadi kekuningan.
Dengan adanya karang gigi yang disebabkan salah satu penyebab yang sudah dijelaskan di atas akan sangat berpengaruh buruk pada kesehatan gigi, selain itu juga dapat mempengaruhi penampilan gigi Anda, apalagi jika anda tidak cepat menganinya akan membahayakan gigi menjadi keropos. Ada Beberapa akibat adanya karang gigi yaitu, mengeluarkan bau mulut tidak sedap, menimbulkan infeksi pada gusi serta gigi menjadi kotor dan jelek bahkan dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan.

Tips Membersihkan Karang Gigi Secara Tradisional Alami


Gosok gigi secara teratur.

Mengosok gigi secara teratur dan jangan asal mengosok, sikatlah pada bagian-bagian dalam gigi. Terutama bagian untuk mengunyah makanan dan bagian lainya secara merata. Yang pasti selalu rutin mengosok gigi tepat waktu sebelum tidur maupun sesudah tidur.

Membersihkan Karang Gigi Dengan Baking Soda.

Baking soda merupakan obat alami yang sudah digunakan beberapa tahun lalu yang dapat menghilangkan karang gigi secara alami dan ampuh. Baking soda juga disebut natrium bikarbonat, kandungannya dapat menetralkan asam di mulut untuk membasmi dan mengurangi bakteri. Caranya:  Oleskan secukupnya baking soda pada sikat gigi dan sikat gigi anda dan mengumurnya dengan air hangat. Lakukan setidaknya 1-2 kali dalam seminggu hingga karang gigi Anda menghilang sampai bersih.

Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tumbuhan yang kaya akan manfaatnya. Selain bisa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan rambut, ternyata lidah buaya juga sangat efektif untuk mengatasi penyakit pada gusi yang disebabkan adanya plak dan karang gigi. Cara menghilangkan karang gigi dengan lidah buaya: Kupas kulit lidah buaya, ambil atau sisakan isi gel-nya. Lalu gosokan pada gigi dan biarkan kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air bersih atau air hangat. Lakukan 1-2 kali dalam sehari hinga hasil yang didapat memuaskan

Menggunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk selain digunakan obat tradisional untuk mengusir nyamuk secara ampuh, ternyata kandungan Vitamin C pada jeruk sangat bagus dan dapat digunakan untuk membersihkan karang gigi. Yakni dengan cara menggosokan kulit jeruk pada karang gigi secara berulang-ulang. Lakukan secara teratur agar mendapatkan hasil memuaskan.

Mengkonsumsi Apel

Buah apel sangat baik untuk menjaga kesehatan pada gigi. Kandungan Vitamin C yang ada didalamnya ternyata bisa membuat gigi putih secara alami dan juga bisa membersihkan karang gigi. Jika Anda sering mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin c. Anda akan memiliki gigi yang sehat dan bebas dari plak dan karang gigi.

Rajin Berkumur Setelah Makan

Karang gigi disebabkan salah satunya tidak rajin berkumur setelah makan. Oleh sebab itu, jika anda tidak mengiginkan terjadinya penumpukan kotoran dan menyebabkan karang gigi. Anda harus sering berkurmur sesudah makan karena cara ini termasuk paling ampuh membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi.

Demikanlah artikel tips cara menghilangkan karang gigi secara tradisional alami yang dapat Anda praktekan secara langsung di rumah. Menjaga kesehatan sangat penting jika anda tidak mengiginkan kesehatan gigi anda terganggu, cegah sebelum terlambat.





First


EmoticonEmoticon