Mengenal Lebih Dekat Diare Akut

Diare sebagai salah satu jenis penyakit yang menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Penyakit yang mudah menyerang siapa saja ini, ternyata tidak bisa Anda sepelekan. Butuh pengobatan yang cepat dan tepat ketika Anda atau keluarga Anda terserang diare. Tahukah Anda jika ternyata diare memiliki beberapa jenis. Jenis penyakit diare yang pertama adalah diare akut, kedua adalah persisten atau diare kronis, ketiga adalah diare disentri, dan lain sebagainya.

Mengenal Lebih Dekat Diare Akut

Jadi diare juga memiliki jenis yang berbeda-beda. Namun sayangnya dalam pembahasan kali ini hanya akan terfokus pada diare jenis pertama yaitu diare yang masuk dalam kategori akut. Diare jenis ini biasanya berlangsung selama kurang dari 2 minggu atau kurang dari empat belas hari. Diare jenis ini tidak bisa Anda sepelekan begitu saja karena bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi. Tahukah Anda jika ternyata dehidrasi adalah penyebab utama kematian si penderita diare? Kini, Anda sudah mengetahui jika penyakit yang terkesan sepele ini juga perlu Anda waspadai, bukan?

Yuk, Kenali Faktor Penyebab Diare!


Faktor penyebab diare cukup beragam. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan Anda terserang penyakit diare.

A. Minuman Bersoda dan Beralkohol, Penyebab Diare?

Bagi Anda yang suka mengonsumsi minuman yang bersoda atau beralkohol, sebaiknya Anda mulai mengurangi kebiasaan Anda atau bahkan meninggalkan kebiasaan buruk ini. Ternyata mengonsumsi terlalu banyak minuman yang bersoda atau beralkohol dapat membuat Anda terserang penyakit diare.

B. Benarkah, Diare sebagai Efek Samping Obat?

Tahukah Anda jika faktor lain yang menjadi pemicu seseorang mengalami diare adalah obat. Terkadang diare bisa terjadi karena efek samping dari obat-obatan yang sedang Anda konsumsi saat ini. Jika begitu, sebaiknya Anda mulai berhenti mengonsumsi obat tersebut dan segera berkonsultasi dengan dokter Anda.

C. Rasa Cemas, Pemicu Diare?

Tahukah Anda, jika terlalu cemas juga memicu terjadinya diare? Jadi, sebaiknya Anda tidak terlalu mencemaskan sesuatu hal agar terhindar dari penyakit yang cukup berbahaya dan perlu Anda waspadai ini.

D. Bakteri, Virus, dan Kuman, Faktor Utama Penyebab Diare?

Faktor utama yang paling sering menjadi pemicu seseorang terserang diare jenis pertama ini biasanya berasal dari bakteri, virus, atau kuman yang terdapat pada air maupun makanan yang telah terkontaminasi. Bakteri, virus, atau kuman tersebutlah yang mengakibatkan seseorang mengalami infeksi usus dan kemudian terserang diare jenis pertama ini.

Yuk, Kenali Gejalanya!

Seseorang yang mengalami diare akut biasanya tidak hanya mengalami buang air besar yang berbentuk cair atau semi cair saja, tetapi biasanya juga mengalami gejala dalam bentuk lain seperti diare disertai sakit perut, muntah, sakit kepala, demam, sakit pada bagian kaki, terdapat darah atau lendir pada tinja, dan lain sebagainya.

Selain beberapa hal tersebut masih ada beberapa gejala lainnya seperti tubuh terasa lemas disertai sakit kepala, dan mulut terasa kering. Jika Anda juga mengalami ketiga gejala tersebut berarti Anda sedang mengalami dehidrasi. Anda sudah tahu dampak terburuk dehidrasi dari uraian di atas, bukan? jadi Anda sudah tahu, langkah tepat yang harus Anda lakukan, bukan? Ya, jawaban Anda sangat tepat. Pergi ke dokter adalah solusi paling cerdas dan paling tepat.

Jika Anda tidak ingin terserang penyakit diare akut yang cukup berbahaya ini, mulai saat ini, Anda harus mulai menjaga pola hidup Anda!


EmoticonEmoticon