Orang Tua Tidak Perlu Panik, Ketika Terjadi Diare pada Anak!

Siapa yang tidak mengenal diare? Salah satu jenis penyakit yang menyerang siapapun. Diare bisa saja menyerang orang tua, anak-anak, bahkan balita. Bagi Anda para orang tua yang memiliki anak, Anda tidak perlu khawatir ketika anak Anda mengalami diare. Diare pada anak sudah biasa terjadi. Buang rasa panik dan khawatir Anda! Anda harus melakukan penanganan yang tepat dan mencegah agar anak Anda tidak terserang penyakit diare lagi. Ingat! Mencegah memang lebih baik daripada mengobati.
Orang Tua Tidak Perlu Panik, Ketika Terjadi Diare pada Anak!

Jika terlintas sebuah pertanyaan, bagaimana cara menangani dan mencegahnya, jawabannya adalah artikel ini. Artikel ini akan menjelaskan cara penanganan yang tepat dan pencegahan agar anak Anda tidak terserang penyakit diare kembali.

Tips Cerdas Menangani Diare


Ada beberapa cara sederhana untuk mengobati anak Anda yang sedang terkena diare. Anda tidak perlu panik dan cukup menerapkan beberapa pengobatan sederhana berikut ini!

Berikan Oralit!


Pemberian oralit pada anak bukanlah sekadar mitos yang tak perlu Anda hiraukan. Jika Anda berpikir, pemberian oralit untuk langkah awal mengobati diare hanyalah sebuah mitos adalah sebuah kesalahan. Oralit terbukti sebagai obat yang mujarab untuk mengobati diare.

Bagi Anda yang belum pernah membuat ramuan mujarab ini, Anda tidak perlu khawatir karena cara membuatnya sangat sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan gula sebanyak dua sendok teh, garam sebanyak setengah sendok teh, dan air hangat sekitar 200ml. Setelah menyiapkan beberapa bahan yang sangat sederhana tersebut, langkah selanjutnya adalah mencampurkan ketiga bahan tersebut dan mengaduknya hingga gula dan garam larut di dalam air hangat tersebut. Langkah terakhir adalah memberikan ramuan tersebut kepada anak Anda.

Jangan lupa untuk memberikan takaran yang tepat untuk anak Anda. Jika usia anak Anda baru menginjak satu tahun, sebaiknya Anda memberikan setengah gelas oralit kepadanya. Jika usia anak sudah lebih dari satu tahun, Anda bisa memberikan satu gelas oralit kepadanya.

Berikan Ramuan Daun Kayu Putih!


Ramuan daun kayu putih memang tidak sefamiliar oralit. Namun ramuan ini juga ampuh untuk mengatasi diare pada anak. Cara membuatnya pun juga cukup sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan daun kayu putih yang kering sebanyak 6 gram hingga 10 gram dan air matang sebanyak dua gelas.

Langkah berikutnya adalah merebus air yang telah Anda siapkan sebelumnya dengan daun kayu putih hingga mendidih. Setelah air mendidih, Anda perlu menunggu beberapa waktu hingga air rebusan terlihat berkurang. Biarkan hingga air yang semula dua gelas berubah menjadi satu gelas. Langkah yang tidak kalah penting adalah meminumkan ramuan tersebut kepada anak Anda yang sedang terserang diare. Sebaiknya Anda memberikan ramuan ini sekali dalam sehari hingga anak Anda sembuh.

Jika selama tiga hari, diare masih berlanjut, Anda perlu membawa anak Anda ke dokter untuk mengkonsultasikan hal ini kepada pihak yang lebih ahli.

Lakukan Tindakan Pencegahan!


Anda sebagai orang tua perlu melakukan tindakan pencegahan agar anak Anda tidak kembali terserang penyakit diare. Anda harus mulai mengajarkan pola hidup sehat kepada anak Anda dan keluarga Anda. Misalnya saja membiasakan mencuci tangan dengan sabun dan air hangat sebelum makan dan setelah melakukan kegiatan yang mengundang banyak kuman.

Demikian sekilas uraian mengenai cara mengobati diare pada anak dan cara pencegahan agar anak tidak terserang diare kembali.

Latest


EmoticonEmoticon